Jumat, 30 September 2016

Belajar Bersosialisasi Bersama SGM





Beranjak ke usia 3 tahun kala itu saya khawatir dengan perkembangan Abraham (babam) yang memiliki sedikit keterlambatan. Terlihat di usianya ia belum memunculkan sebuah kata yang bermakna, saya sudah memeriksakan Babam ke Dokter spesialis juga psikolog, yang menyatakan untuk keterlambatannya itu karena gerak atau kinestetiknya yang begitu menonjol sangat aktif namun masih bertujuan. Saya khawatir akan perkembangan selanjutnya, tetapi atas berbagai saran dan maksukan para ahli tersebut Babam mulai menunjukkan kemajuan yang selalu membuat saya tersenyum.
Babam dan susu favoritnya SGM Eksplor Madu

Kemampuan Bahasa Babam dan tingkah polahnya yang super aktif memang membuat saya kewalahan juga ia agak sulit untuk bersosialisasi, terlebih lingkungan rumah yang indivisualis membuat ia sulit untuk bergaul dengan anak-anak seusianya. Beberapa kali Babam ikut bersekolah di PAUD dan sempat Trial di Kelompok Bermain dekat rumah, yap lagi-lagi Guru disana kewalahan mengawasi Babam dan saya juga mawas diri juga memaklumi hal tersebut, karena Guru juga tak hanya bisa focus untuk satu anak saja terlebih dalam satu kelas ada 10 bahkan 15 anak, saya juga memahami, karena beberapa tahun saya sempat mengajar.

Saat Babam besosialisasi bersama teman dan guru

Niatnya memang saya ingin membiasakan Babam untuk bersosialisasi, juga mengajak Babm berkumpul bersama teman seusianya. Beruntuk media social sudah begitu luas dan banyak forum juga grup yang mengajak untuk sharing menyoal anak juga memberi saran dan masukan. Saya memang mengikuti dengan intens salah satu produk susu yang memang di konsumsi Babam dari usia 2 tahun. Babam minum susu untuk melengkapi asupan makanan sehari-hari, dan ia minum sesuai takaran pagi dan sore hari. Susu SGM memang yang sudah lama dikonsumsi sejak awal dan ia juga senang serta cocok dengan susu SGM.  Saya mengikuti aktifitas di laman FB juga Twitter Aku Anak SGM. Beruntung saya banyak mendapatkan tips menarik seputar perkembangan Babam terlebih untuk ia pandai dan berani bersosialisasi.

Dengan mengikuti saran juga konten yang bermnfaat saya dapat langsung mempraktekkan dengan Babam, juga dibantu dengan anggota keluarga lainnya. Selain itu babam juga terus berkonsultasi dengan ahli yang sudah dipercayai. Sangat beruntung mulai bulan Oktober 2016 SGM mengadakan acara menarik di berapa kota besar. Saya juga antusias menyambutnya, karena sosialisasi memang penting untuk diajarkan kepada anak dimulai sejak usia dini. Kala Babam menyapa, bersalaman, tersenyum itu sebuah hal sederhana yang merupakan peningkatan dari Babam selama iya belajar bersosialisasi. Babam juga sudah berana tampil untuk karnaval, peragaan busana juga berfoto. Walaupun belum bisa mengucapkan serangkaian kalimat, tapi ia selalu berusaha untuk bercerita, mengajak main bersama orang-orang disekitarnya, tidak heran kalau Babam memang bikin orang-orang kangen hahaha.

Sudah panjang kan intermezzo dari Babam, lanjut ke kejutan yang kan dihadirkan SGM nih, fokus kepada kepedulian untuk kembali meningkatkan dan mengajak buah hati untuk bersosialisasi, SGM menghadirkan acara dengan empat teman sekaligus uang dijadikan satu. Ada Dunia Berkebun, Safari, Smudera dan Langit. Kesemuanya memiliki permainan seru yang akan mengasah interaksi sosial anak, juga mengajak anak untuk menyelami pengalaman menyenangkan di keempat dunia tersebut.
“Penting bagi anak memiliki keterampilan sosial karena anak akan lebih mudah diterima oleh siapapun di lingkungannya, anak akan lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain, anak dapat mengasah berbagai keterampilan hidup yang lain, membantu mengurangi kesulitan di sekolah dan tentunya membuat anak lebih semangat bersekolah sehingga prestasinya lebih optimal dan secara keseluruhan anak mampu menikmati hidupnya dan merasa lebih bahagia,” tambahnya.

Sebagai produk susu pertumbuhan yang mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia, SGM Eksplor meluncurkan kampanye terbarunya, “Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya.” Dalam kesempatan yang sama, Senior Brand Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan, “Keterampilan sosial pada anak sangatlah penting dan kami meluncurkan kampanye ini sebagai salah satu bentuk dukungan kami kepada para Bunda di seluruh Indonesia untuk bisa memberikan produk susu pertumbuhan yang bernutrisi baik sehingga membantu mendukung anak untuk tumbuh optimal dan mampu memiliki keterampilan sosial yang baik pula.”
 
 (KI-KA) Joris Bernard (Brand Business Unit Director Sarihusada), Astrid Prasetyo (Senior Brand Manager – SGM Eksplor), dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK (Dokter Spesialis Gizi Klinik), Zee Zee Shahab (Selebriti dan Ibu dari satu anak), Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. (Psikolog), Anca Ionescu (Brand Director Susu Pertumbuhan SGM Eksplor), Arif Mujahiddin (Communications Director Danone Indonesia).



Melalui kampanye ini, SGM Eksplor juga mengundang Bunda dan si Kecil untuk hadir dalam rangkaian acara “Dunia Sahabat Anak SGM Eksplor” di pusat perbelanjaan di lima kota yaitu Surabaya (30 September – 2 Oktober), Yogyakarta (4-6 November), Medan (25-27 November), Jakarta (2-4 Desember), dan Makassar (27-29 Januari 2017). Selain itu, para Bunda di seluruh Indonesia berkesempatan untuk mengikuti kompetisi foto dengan cara mengunggah foto dan cerita Bunda di laman (wall) Facebook Fanpage Aku Anak SGM dengan menyertakan produk SGM Eksplor (1+, 3+ atau 5+) dan menggunakan tagar #JadikanDuniaSahabatnya. Periode kuis 1-28 Oktober 2016 akan terbagi menjadi empat tema dan para Bunda berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi foto ini, silakan kunjungi Facebook Fanpage Aku Anak SGM.

Pada hari Rabu tanggal 27 September 2016 di Crown Plaza, telah dipaparkan begitu jelas akan kepedulian SGM akan pertumbuhan dan perkembangan anak Indonesia. Dalam masa tumbuh kembang anak, terdapat lima hal yang penting dan harus selaras untuk selalu diperhatikan para orang tua, yakni aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan keterampilan sosial. Keterampilan sosial menjadi sangat penting bagi anak-anak Indonesia karena dengan memiliki keterampilan sosial, anak mampu bekerjasama dengan orang lain di masa tumbuh kembangnya dan memiliki rasa percaya diri sehingga mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat.

Keterampilan sosial ini memiliki kaitan erat dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap karena status nutrisi memiliki hubungan dengan perkembangan sosio-emosional anak dalam masa tumbuh kembang, Anak yang terlengkapi nutrisinya akan menjadi anak yang sehat dan mampu beraktivitas dengan baik dan berpotensi untuk memiliki keterampilan sosial lebih baik dibanding anak yang nutrisinya tidak tercukupi.

dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, seorang ahli nutrisi menyampaikan, “Nutrisi merupakan salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Dengan terpenuhinya nutrisi yang tepat dan lengkap, anak akan menjadi sehat. Salah satu ciri anak yang sehat adalah mudah beradaptasi dengan lingkungannya, yang merupakan salah satu wujud dari keterampilan sosial yang dimiliki anak tersebut.”

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Psikolog Anna Surti Ariani menambahkan, “Menjadi anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik. Dengan tubuh yang sehat akibat kecukupan nutrisi yang baik, ia menjadi anak yang tangguh juga dapat menyerap banyak pengetahuan dan bereksplorasi dengan kreatif menghasilkan pribadi yang ramah juga penuh akan jiwa sosial yang tinggi.

Begitu pula penuturan pengalaman Zee Zee Shahab yang sudah menjadi seorang Ibu, ia kerap memberikan asupan nutrisi yang baik juga mengajarkan anak untuk berani bersosialisasi dengan terus memberikan stimulasi, ia bercerita sang putra kerap memberi salam dan bercerita kala berada disekolah bersama guru dan teman-temannya.

Sama harapan saya untuk Babam, ia juga mampu bersosialisasi dengan orang disekitarnya sya juga perlu memberikan stimulasi agar babam dapat mengejr keterlambatannya, karena aktifitas fisik yang begiu ia gemari, saya juga menyeimbangkannya dengan asupan nutrisi yang cukup, babam begitu lincah  juga pandai bersosialisasi. Beberapa kali Babam juga mengikuti serangkaian acara di televise dan menjalani aktivitas shooting. Ia memang sangat dan super aktif dan saya bangga dengan peningkatan yang ditunjukkan oleh Baba. Tentunya Babam juga gak akan melewatkan kesempatan acara yang digelar SGM kali ini, ayukk kita bermain bersama-sama dan #JadikanDuniaSahabatnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar