Senin, 06 November 2017

Bagaimana Jika Tumbuh Kembang Anak Terlambat ???


Tak percaya mungkin pertama kali saat menemukan bahwa ada gangguan yang dialami pada Babam dalam masa tumbuh kembang diusia sekarang 4,5 tahun. Gangguan perilaku, emosional dan bahasa merupakan tanda tanya dan PR besar untuk mamih dan papih, tapi kami bersyukur sudah mengantongi diagnosa dan bagaimana solusi untuk meminimalisir gangguan yang dialami Babam serta menggali potensi yang dimilikinya.



Papih mengetahui dan ikut dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan Babam, jadi memang tidak salah kalau papih tau banget bagaimana karakter Babam yang sebenarnya, kalau mungkin Babam bisa "ngadalin" orang lain tapi sampai saat ini papih dan mamih masih bisa menhandle keisengannya.

Pernhkan teman-teman mendengar kalimat "perkembangan fisik dan mental seseorang selama masa kanak-kanak merupakan modal utama yang akan membentuk dan menentukan masa depan kesehatan mereka?" Tapi masalahnya ialah banyak orang tua yang sudah mengetahui hal ini, tetapi belum mampu dilakukan mungkin salah dua nya papih dan mamih.

Padahal yah padahal masa emas anak atau golden age itu sangat penting demi menyusun rangkaian sel-sel otak dan mengembangkan eluruh kemampuan panca indera anak-anak. dengan daya serap yang tinggi anak-anak bisa berkembang dan tumbuh begitu pesat dengan catatan harus diberikan makanan juga stimulasi yang tepat sesuai tahapan usianya.

Hasil survey menunjukan bahwa :


  • Anak-anak dengan masalah fisik, emosional, perilaku, atau perkembangan dua kali lebih mungkin untuk tidak aktif di sekolah, (sulit mendapatkan pendidikan di lingkugan sekolah dengan tepat)
  • Anak-anak Indonesia mengalami pesoalan gizi buruk dan obesitas dengan angka diatas 12%
  • Hanya 1 dari 5 anak Indonesia yang mengkonsumsi lebih dari 5 jenis sayuran dan buah perhari
  • Sebagian besar anak Indonesia tidak memenuhi asupan makanan dengan gizi seimbang



Bagaimana dengan Babam ???

Babam tumbuh sehat dan mammih berhasil memberikan ASI sampai usia 1 tahun, memberikan MPASI dengan maksimal sampai terlihat ada permasalahan pada Babam dari perilaku saat memasuki usia 2 tahun. Walaupun ASI hanya tercapai sampai usia 1 tahun mamih tidak menyerah dan menyalahkan diri sendiri karena memang ada kondisi dimana anak tidak mau menyusu seperti karakter Babam. 

Untuk pskimotornya babam terlihat lebih dahulu mencapai tahapan perkembangan dibandingan usia rata-rata tahapan perkembangannya, seperti bisa duduk usia 4 bulam, merangkak, dan berjalan diusi 10 bulan, sampai langsung berlalri juga cenderung bayi yang sibuk.

Ramah terhadap orang-orang di sekelilingnya, mudah tersenyup dan melambaikan tangan juga babling di usia 1 tahun. Jadi papih tidak terlalu khawatir akan pertumbuhan dan perkembangannya sampai usia memasuki 2 tahun karena memang sesuai tahapan dan terlihat normal.

Bagaimana saat kami menyadari adanya gangguan perkembangan bahasa, perilaku juga sosial pada Babam, yani pada saat kami melakukan skrining test. biasanya ada tahapan apa yang sudah dicapai anak berdsarkan usianya dan mudah sekali didapat dari puskesmas, bidan, klinik ataupun menjelajah di internet.



Kapan Mengetahui Anak mengalami Keterlambatan Tumbuh dan Berkembang ???

  • Lakukan skrining test awal, seperti yang sudah papih jelaskan bahwa skrining test ini bisa disesuaikan sesuai tahapan usianya, misalkan bayi 6 bulan sudah bisa apa saja, bayi 1 tahun sudah mengalami apa saja, bila dirasa kurang cari solusi untuk memberikan stimulasi. 
  • Konsultasikan, biasanya langsung konsultassi kepihak terkait, misalnya saja waktu itu mamihi langsung konsultasi ke dokter di puskesmas, dan juga bidan, bila dari hasil konsultasi perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut maka mereka memberikan opsi dan memberikan penjelasan. setelah itu pihak terkait juga memberkan solusi untuk memberikan stimulasi lebih intens bila dirasa kurang makan dilanjutkan untuk pemeriksaan lebih mendalam.
  • Dont Panic, kalau Papih dan mamih termasuk tipe yang tenang ketika menghadapi kondisi anak, jadi kami bisa berfikir hal apa yang harus dilakukan. Setelah periksa kami langsung mencari dokter yang tepat dan dengan ahli yang sesuai untuk berkonsultasi
  • Gabung Forum Diskusi, kalau ini sih maih gabung dalam forum ibu-ibu atau dengan  orang tua yang mengalami kondisi serupa, tapi walaupun dengan diagnosa yang sama, anak-anak sangat berbeda. Jadi dalam forum kami saling menguatkan dan memberikan masukan positif jug mencari solusi Dokter atau tempat yang tepat untuk menanganni kasus dan kondisi "kekhususan" Babam.
  • Lakukan Stimulasi dan Iervensi, ketika papih dan mamih belum memberikan dan memfasilitasi kondisi "kekhususan" Babam kami belajar untuk memberikan alternatif dirumah dalam melakukan stimulasi juga intervensi atas hasil konsultasi dari dokter juga terapis walaupun sebenarnya kami sngat membutuhkan bantuan orang lain (terapis dan dokter).
  • Percaya hati nurani dengan logika dan terus berikhtiar, ini yang sulit sih sebenarnya, papih dan mamih harus menerima kondisi Babam apa adanya dan tidak boleh "denial" demi masa depan Babam. kami percaya banyak anugerah dan keajaiban dari babam untuk kami sebagai orang tua. Kami terus berusaha memberikan pendidikan dengan kemampuan yang kami miliki, wlaupun masih banyak kekurangan sana-sini apalagi memang Babam masih terlihat belum patuh dan semaunya sendiri kami percaya usaha tidak mengkhianati hasil.


Seperti itu tahapan yang kami lakukan saat mengetahui anak terlambat dalam masa tumbuh dan berkembang, tentunya kami berusaha untuk mengjear ketertinggalan Babam dan melakukan yang terbaik sebagai orang tua. Kami berusaha untuk terus belajar dan ikut dalam kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran tumbuh kembang anak.

Salah satunya seperti kegiatan yang di prakarsai oleh PT. K-Link Indonesia dengan menyelenggarakan "Superkids Colouring Competition". Selain ada kegiatanmewarnai diadakan juga seminar kesehatan, dan memang yang kami incar ilmunya di salah satunya seminar kesehatan ini. Berlokasi di Hotel Merpati Pontianak, papih dan mamih bersilahturahmi bersama mitra blogger Pontianak melalui MB Communication Indoblognet.




Event Superkids Colouring Competition


Medical Consultan PT K-Link dr Arief Munandar di Pontianak mengatakan, seminar kesehatan anak tersebut digelar dengan teman "nutrisi seimbang pada masa tumbuh kembang anak", karena melihat fenomena yang terjadi saat ini memperlihatkan para orangtua yang hanya memperhatikan gizi makro saja, misalnya asupan lauk dan karbohidrat.



"Para orang tua harus tahu bahwa berbagai vitamin yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan tidak kalah penting bagi pertumbuhan anak. Khasiatnya pun sangat bagus bagi perkembangan otak," ungkapnya.


Sehingga, konsumsi makanan yang seimbang sudah dapat memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan, yang perlu diketahui bahwa makan-makanan yang seimbang artinya makanan tersebut harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin juga mineral. Sedangkan pada usia anak-anak, mereka cenderung sulit makan atau termasuk anak yang pemilih dalam makan, sehingga sulit bagi orangtua untuk memenuhi standar makanan yang seimbang, katanya.


Babam juga termasuk yang sulit makan nih, apalagi Babam belum bisa duduk diam, mamih memang biasa memberikan Babam suplemen untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Jadi imunitas anak terjaga dan Babam juga tidak gampang sakit. K-Kids Omega cocok dikonsumsi untuk Babam juga anak-anak.



"Seperti orang tua lainnya, papih dan mamih tidak perlu khawatir karena banyak cara efektif untuk mengoptimalkan perkembangan kecerdasan anak, diantaranya adalah dengan memberikannya nutrisi yang tepat yang dapat dibantu dengan asupan suplemen setiap harinya," Dr. Arief menambahkan.



Sementara itu, Product Manager PT K-Link Indonesia, Fatma Dwi Amartani mengatakan, hari ini pihaknya menggelar seminar kesehatan anak dan "Coloring Competition Super Kids" di Pontianak, yang sifatnya edukatif yang dirancang fun itu bertujuan agar bakat seni dan daya kreativitas anak berkembang.



Selain itu, dengan lomba mewarnai ini juga menumbuhkan jiwa kompetisi, kemandirian anak akan terlatih, kepercayaan diri meningkat dan mengajarkan anak bertanggungjawab dalam melakukan sesuatu. Bahkan, perlombaan ini dapat melatih keselarasan motorik anak dan acara seminarnya bisa memberikan edukasi bagi para orangtua mengenai tumbuh kembang normal anak-anaknya.

Lomba tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori A pra TK, dan kategori B keIas satu sampai tiga SD dengan biaya pendaftaran sebesar Rp50 ribu dan peserta mendapatkan satu botol K-Kids Omega isi 30 kapsul.

Hadiah bagi pemenang setiap kategori lomba "Coloring Competition Super Kids", yakni juara I mendapatkan uang tunai Rp750 ribu, juara II Rp500 ribu, juara III Rp250 ribu ditambah trophy, sertifikat, dan goodie bag, serta harapan dua Rp150 ribu.

K-Kids Omega



K-Kids Omega dari PT K-Link Indonesia merupakan suplemen tepat khusus untuk anak tumbuh sehat, cerdas dan kuat. Karena K-Kids Omega terbuat dari sumber alami minyak ikan Cod (untuk membantu membentuk dan memperkuat faktor kekebalan tubuh yang belum sempurna pada anak) tanpa tambahan pewarna, pemanis, perasa, pengharum, pengawet dan bahan kimia lain sehingga aman digunakan jangka panjang untuk anak-anak.

K-Kids Omega suplemen terbaik yang mengandung omega 3 ikan Cod yang dapat merangsang pertumbuhan jumlah sel otak dan (penghubung), sinaps untuk mengoptimalkan kemampuan otak terutama dalam menerima informasi, konsentrasi dan menyimpan memori serta menjaga selaput sel otak agar dapat berfungsi dengan baik dalam menghantarkan dan membentuk hubungan (sinaps) antar sel otak sehingga kemampuan belajar dan mengolah informasi lebih baik.


Cara mengkonsumsinya sangat mudah sekali, bila anak-anak sulit menelan langsung bisa ditusukkan dengan jarum steril dan diteteskan langsung atau dicampurkan susu juga makanan agar mudah dikonsumsi.



Karakter Superkids, ini mewakilkkan sebuah idola dengan anak yang tumbuh sehat dan ceria. Didampingi teman-temannya, Omega 3, Vit A, dan Vit D mereka bersatu padu  melawan virus, kuman dan bakteri penyebab penyakit.


Kebetulan Papih dan mamih sudah membelikan untuk  Babam nih dan di konsumsi setiap harinya, jadi Babam juga bisa tetap ceria untuk bermain dan belajar, apalagi Babam sangat suka bermain dan berpergian dalam kondisi cuaca yang berbeda-beda.

Kalau mau beli dan mencoba langsung khasiat juga manfaatnya bisa loh di beli secara online disini Beli Produk , atau  tertarik dan ingin bergabung menjadi member K-Link bisa mendaftar dengan mudah disini Daftar  dan akan mendapatkan diskon 20% setiap pembelian produk dari K-Link.

Superkids Colouring Competition tidak hanya hadir di Pontianak saja, tetapi menyebar sampai ke berbagai wilayah di Indonesia. Seperti yang disampaikan Pak Radzi Presiden Direktur K-Link Indonesia bahwa Ia ingin anggotanya membangun usaha bersamanya dengan modal yang kecil dan bersama dengan kurang lebih 2 juta member dan secara perlahan meningkatkan keuntungan bersama. Bahwa orang yang sukses ialah yang memberikan manfaat juga melahirkan orang-orang yang sukses dan menjadi berkat bagi orang lain.




Dengan sistem yang sudah mengantongi salah satu MLM Syariah dan terdaftar K-link Indonesia menjadi sebuah alternatif bisnis yang menjanjikan untuk kebersamaan membangun perekonomian yang syariah dan dilengkapi dengan produk-produk berkhasiat juga halal.










6 komentar:

  1. K Kids Omega Suplement ini bagus banget ya buat pertumbuhan anak, memori anak, dll. Aku mau coba ah buat anak2ku. Kandungannya lengkap nih jadi buat anak2 yg kurang asupan atau ga suka makan sayur dsb bisa terpenuhi dg mengonsumsi ini.

    BalasHapus
  2. Memang anak2 perlu dikasih stimulasi secara kontinyu agar perkembangan otak dan fisiknya meningkat. Sehat selalu ya babam.

    BalasHapus
  3. Anak2ku termasuk yang tumbangnya jg lambat mabk dulu, satunya BBLR satunya anemia, jd stimulasinya emang kudu lbh intensif ketimbang anak2 "normal" lainnya. Itu kata DSAku dulu hehe.

    BalasHapus
  4. Anak2ku termasuk yang tumbangnya jg lambat mabk dulu, satunya BBLR satunya anemia, jd stimulasinya emang kudu lbh intensif ketimbang anak2 "normal" lainnya. Itu kata DSAku dulu hehe.

    BalasHapus
  5. Mewarnai memang stimulasi bagus ya buat anak2 seusia babam. Bukan sekedar anak yg punya kelainan, bagi anak normal juga bagus.

    Sehat dan cerdas selalu yaaa buat babam.

    BalasHapus
  6. Sehat-sehat ya babam, Dhifah juga jadi PR besar buat aku mba, tapi gak boleh menyerah supaya anak-anak tetap bisa berkembang seoptimal mungkin

    BalasHapus