Selasa, 03 April 2018

Beredar Berita Meresahkan, Polres Bandara Soetta Deklarasi Anti Hoax


KOMBATA Deklarasi Anti Hoax



Lugas, tajam, dan yang paling penting terpercaya dalam mengembangkan dan memberitakan informasi sebuah berita sudah sangat wajib dilakukan, Tetapi dengan kemudahan akses media sosial juga berbagai opsi literasi digital, membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengolah berita secara tidak benar. Polres Bandara Soekarno Hatta beserta KOMBATA mengaungkan Deklarasi Anti Hoax bersama di lapangan GMF Bandara Soekano Hatta.


Ribuan anggota komunitas berkumpul untuk menyerukan dukungannya memberantas hoax yang selalu membuat cemas masyrakat, dan tentu saja bisa berakibat menyebabkan produktifitas warga berkurang. Secara psikis dengan pemberitaan tidak benar akan memberikan kekhawatiran dan emancing ujaran-ujaran kebencian dari berita yang belum sahih kebenarannya.

Deklarasi Anti Hoax
Bapak Kapolres menghadiri Upacara

 Bersama media, blogger dan netizen papih langsung menghadiri saat deklarasi diungkapkan secara lantang dan berlangsung juga Polres Cup, serta bincang santai bersama Kapolres Bandara Soetta Kombes Pol. Akhmad Yusep Gunawan.

Kami sangat senang bisa diterima secara hangat oleh keluarga dari KOMBATA, tentu saja sebagai masyarakat yang aktif menggiatkan melalui media sosial, kami sangat mendukung untuk  memberantas hoax dan memeutuskan rantai dari penyebaran berita yang tidak benar.

Keseluruhan anggota KOMBATA secara serentak membacakan Deklarasi Anti Hoax yang dikutip, 

“Kami masyarakat dan komunitas Bandara Soekarno Hatta, menolak hoak, mendukung Polri, memberantas ujaran kebencian dan tindak pidana perdagangan orang, Kami Indonesia Bhineka Tunggal Ika, KOMBATA, yess, yess, yess.” 

Mendengar dan melihat langsung dalam suasana upacara yang khimad tentu saja membuat merinding, menginspirasi dan memberikan motivasi untuk memberantas hoax, yang sangat menggangu stabilitas nasional.

Blogger dan netizen bersama Kapolres Bandara Soetta

Kompak dan terlihat bersemangat,  Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata) adalah gerakan yang mengalir atas kepedulian dari berbagai instansi yang ada di Bandara Soekarno-Hatta. Gerakan ini lantas disatukan dalam satu wadah komunitas Bandara Soekarno-Hatta.

Harapan dan Tujuan

Harapannya tentu agar banyak yang tergerak untuk bergabung dalam berbagai persoalan yang mengemuka. Salah satunya berinisiatif dalam memerangi Hoax diera digital yang terjadi seperti saat ini. “Melalui Bandara Soekarno-Hatta mari kita bersama-sama bergotong royong memajukan negeri dengan perpaduan perkembangan zaman yang terus bertransformasi secara digital dengan menolak Hoax,” ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta M Suriawan Wakan.

Deklarasi Anti Hoax
Saat upacara dan Deklarasi Anti Hoax


Deklarasi ini merupakan upaya dalam menanggapi maraknya peredaran berita palsu atau biasa disebut Hoax yang peredarannya biasanya bersumber dari media sosial di Indonesia belakangan ini.
“Kegiatan ini diharapkan dapat menarik minat seluruh stakeholder yang berada di pintu gerbang utama indonesia ini agar menggunakan media sosial secara positif dengan tdak menyebarkan berita palsu, M Suriawan Wakan menjelaskan.

“Selain itu terjadi transformasi besar-besaran dalam hal fasilitas dan layanan di era milenial ini. Munculnya gerakan memerangi hoax ini karena begitu banyak masyarakat yang telah menjadi korban penipuan yang merugikan dengan sangat mahal. Mari bersama-sama kita putus dan tuntaskan peredarannya,” tambah Wakan.

Sebagai garda terdepan, lanjut dia, dapat berperan aktif dengan memeranginya dan menyaring mana berita yang benar dan mana yang tidak. “Dengan berkerja sama tentunya hal ini akan semakin memperkuat langkah kita memerangi hoax. Semoga deklarasi ini dapat menghentikan Hoax dan dapat memberikan inspirasi bagi kita semua  untuk terus berkarya untuk memajukan NKRI,” tuntasnya.

Bapak Kaolres Bandara Soekarno Hatta


Begitu juga saat berbincang santai dengan Kapolres Bandara Soetta Kombes Pol. Akhmad Yusep Gunawan, beliau memberikan tips untk memberantas hoax salah satunya dengan memutuskan rantai, memberlkukan kegiatan positif dan ikut melek digital agar tetap berkompeten dalam menyaring informasi.

Kiat Memberantas Hoax

Dalam obrolan santai ini, dijelaskan beberapa kiat ang dapat netizen lakukan agar terhindar dari berita hoax juga tidak ikut menyebarkan dan terperangkap berita bohong tersebut. Berikut yang dirangkum menjadi 6P :

Pakai Hati sangat diperlukan karena prinsip “kehati-hatian merupakan keutamaan dalam menghindari HOAX. Jikalau tidak perlu atau headlines berita mencurigakan langsung bisa dihindari saja.

Pakai Akal Sehat Ciri berita atau info sehat adalah banyak hal yang mengada-ada, bila kita pikirkan kembali isi berita tersebut merupakan isapan jempol belaka, apalagi bila sudah ada kata-kata “ sebarkan sekarang dan bla bla bla” bisa dicurigai bahwa berita tersebut tidak bisa dipercaya. Lebih bijak dan rasional mencari tahu bahasan dari info yang diterima.

Perhatikan Sumber cek dan waspada pada portal berita yang tidak kredibel. Lihat dulu alamat websitenya, penulis beritanya.

Perhatikan Info, lihat kembali apakah isi dari informasi yang kita terima, selalu pikir berkali-kali dan membaca kembali lagi berita yang diterima sebelum diaebarkan atau dipercaya.

Periksa Redaksi, kembali perlu dilihat dari alamat redaksi, susunan penerbit, juga latar belakang dari orang-orang dibalik dari berita tersebut apakah valid dan kredibel atau tidak. Bila dirasa kurang terpercaya lebih baik hindari.

Putuskan Rantai, Stop menyebarkan berita atau informasi yang tidak jelas atau tidak termasuk bagian dari hal-hal patut dipercaya setelah kita melakukan krocek dengan cara diatas. Biasanya langsung hentikan oenyebaran agar berita tersebut tidak lagi viral.

Saat Polres Cup, dan Pak Kapolres ikut bertanding


Obrolan santai begitu mnyenangkan, bisa saling sharing dan berbagi. Semoga dengan silahturahmi bersama Pak Kapolres masyarakat juga bisa mengembangkan berbagai aktifitasnya menjalani kegiatan yang posiitif, kreatid dan berinovasi seperti yang dijelaskan pak Kapolres. Bahwa dengan mengadakan kegiatan rutin dan menyenangkan untuk masyarakat akan memberikan dampak produktifitass yang positif dan berita hoax juga akan perlahan dikikis.

Pak Kapolres juga mengadakan perlombaan vlog nih untuk netizen, wah jadi tidak sabar menunggu program inovasi lainnya dari Pak Kapolres yang keren ini.


info lengkap
Instagram : @polisi_bandara_soekarnohatta




Tidak ada komentar:

Posting Komentar