Jumat, 11 Mei 2018

Seperti Apa Kulkas Halal? Yuk Ikut Jalan-jalan ke Karawang Melihat Proses Produksinya



Kulkas Halal, Bagaimana Produksinya ?


Kembali Papih mengemas sebuah ransel yang berisikan “peralatan lenong” maklum setelah hampir 1 tahun tidak menekuni orang dibalik layar panggung lenong,  tetapi sekarang menikmati sebuah kegiatan yang memerlukan “peralatan lenong” untuk jalan-jalan. Tidak terlalu jauh tapi cukup memakan waktu lama untuk berangkat dari Jakarta ke Karawang melihat produksi Kulkas Halal. Bolehlah mengernyitkan dahi sejenak karena di dalam mobil abu-abu yang penuh oleh 15 orang kami semua penasaran dengan sebuah langkah baru yang diambil PT. SHARP Electronics Indonesia dalam menginisiasi adanya kulkas bersertifikasi halal.


Memalingkan dulu rasa penasaran, dahaga tengah menyerang sambil melihat pejuang-pejuang infrastruktur di Indonesia salah satunya tol yang papih lewati menuju Karawang. Masih disinari mentari pagi para pekerja di jalan semangat untuk menyelesaikan proyek yang bertujuan untuk pembangunan di Indonesia. Jadi membuat kepala dan hati ini tergolek agar tidak lagi mengeluhkan hal-hal sepele bila melihat di sekitar masih banyak sekali yang memanggul dengan otot demi melanjutkan hidup. Bila jalan telah selesai yang dimudahkan juga masyarakat agar lebih lancar untuk urusan liburan, keperluan akomodasi sampai mudik hari raya. 


Jadi tidak sabar memberikan apresiasi pujian dan senyuman kepada pekerja yang telah bersemangat menguras keringatnya demi kelancaran urusan orang banyak. Kembali lagi dalam perjalanan menuju Karawang kurang lebih 2.5 jam waktu yang dii tempuh dan papih bersama para blogger serta influencer tiba di kawasan seluas 30 hektar. Dengan sambutan hangat bersamaan dengan uap harum kopi yang tercium papih mengeluarkan alat lenong berupa kamera kesayangan yang agak tergores bodynya tapi peformanya masih bisa diandalkan dan segera merekam momen bersih dan luasnya Pabrik PT SHARP Electronics Indonesia yang masih terlihat seperti baru.  


Sampai di Pabrik Kulkas Halal SHARP


Sebelum langsung melihat produksi kulkas halal dan paparan mengenai konfirmasi dari lulkas halal sendiri papih melihat sekeliling ruang utama yang tersusun rapi produk keluaran PT SHARP Electronics Indonesia dari tahun ke tahun mulai dari tahun 1970- kini 2018 yang terus berinovasi. Untuk produk lemari es sendiri telah di produksi di Indonesia dan dipasarkan di Indonesia maupun di luar negeri. SHARP Electronics Indonesia kian memantapkan posisinya sebagai produsen lemari es nomor satu di Indonesia dengan menguasai pangsa pasar hingga 26,6%.

Kondisi ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi SHARP Indonesia karena  mampu bertahan bahkan terus meningkatkan penjualannya meskipun  pasar lemari es  mengalami penurunan. Perjelasan mengenai Kulkas Bersertifikat Halal Kebutuhan konsumen dan melihat sebuah keinginan masyarakat akan produk yang nyaman untuk menemani dan memberikan manfaat yang aman melatarbelakangi PT SHARP Electronics Indonesia untuk mendaftarkan sertifikasi halal guna menjamin mutu dan kualitas produk lemari esnya. 


Inisiasi Kulkas Halal SHARP 

kulkas halal
Foto dari (https://www.sharp-indonesia.com


Pada tahun 2018, SHARP Indonesia pun sukses mengantongi sertifikasi halal internasional (Cerol-SS23000) dengan status A yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), khususnya untuk kategori produk lemari es dan freezer yang diproduksi dalam negeri. Hal ini turut menguatkan posisi SHARP Indonesia sebagai produsen elektronik pertama yang memiliki sertifikat halal.  

Apa yang menjadi standar dalam mengkaji Lemari Es Bersertifikat Halal ?

Sertifikat halal yang diperoleh SHARP Indonesia merupakan hasil pemeriksaan dokumen dan audit implementasi yang diselenggarakan oleh Sistem Jaminan Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika – Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI). Sertifikat ini diperoleh pada 28 Maret 2018  usai menjalani serangkaian proses penilaian yang meliputi material, proses, hingga fasilitas produksi lemari es. Produk yang dinyatakan bersertifikasi halal berarti telah memenuhi dua syarat utama yaitu memenuhi kebijakan dan prosedur sertifikasi halal, serta memenuhi dan menerapkan sebelas kriteria Sertifikasi Jaminan Halal (SJH). 

Usai melewati keseluruhan proses, kategori produk yang dinyatakan halal, termasuk lemari es lokal dan freezer SHARP menerima sertifikat halal dari MUI. Dijelaskan pula langsung oleh Presiden Direktur dan petinggi lainnya mengenai diluncurkannya sertifikasi halal untuk barang gunaan lemari es. MUI juga menjelaskan bahwa masyarakat mmebutuhkan adanya sebuah kenyamanan dalan kesehariannya menggunakan alat-alat elektronik dengan teknologi baru yang tidal lepas perhatiannya dari latar belakang bahan baku juga proses pembuatan produk tersebut. 

Karena sudah ada sebelumnya barang gunaan yang didaftarkan dan mwndapatkan sertifikasi halal, untuk lemari es baru pertama kali dan tentu saja ini sebuah langkah bagus dalam memberikan kebutuhan bagi masyarakat. Dalam penilaian tersebut, MUI mengkajinya melalui dua sisi yaitu secara sains melalui LPPOM-MUI dan secara agama oleh kumpulan ulama di Komisi Fatwa MUI. Pada proses ini, LPPOM-MUI mengecek fakta kandungan produk dan menelaah dari sains dan teknologinya serta menjadi saksi bagi proses produksi secara menyeluruh dan penerapan Sertifikasi Jaminan Halal (SJH) di perusahaan. 

Hasil temuan tersebut kemudian dibawa kepada Komisi Fatwa MUI untuk menjelaskan status kehalalan produk tersebut.  Apa tujuan lemari es bersertifikat halal Kulkas halal atau lemari es dengan sertifikat halal memberikan sebuah tambahan dalam sebuah produk yang masyarakat butuhkan. PT SHARP Electronics Indonesia menekankan bahwa langkah yang diambil bukan bertujuan untuk marketing semata atau mendapatkan peningkatan penjualan yang signifikan, tetapi memberikan kenyamanan dan pilihan untuk masyarakat. 

Desain lemari es bersertifikat halal yang di produksi di Karawang juga memiliki arti penting dalam keanekaragaman hayati di Indonesia. Dengan inspirasi dari buangan mengkudu dan daun kelapa yang diketahui bahwa memiliki banyak manfaat untuk masyarakat itulah yang diinginkan dan menjadi harapan bahwa Lemari Es SHARP memberikan manfaat optimal bagi konsumen. Setiap harinya kurang lebih memproduksi ratusan unit kulkas halal berbagai tipe, dan diharapkan tiap bulannya ada kurang lebih 100.000 unit kulkas yang dipasarlan karena besarnya permintaan konsumen untuk lemari es menjelang bulan puasa. 


Tujuan Kulkas Halal SHARP

bagian kulkas halal
Tipe dari kulkas halal SHARP (gambar dari https://www.sharp-indonesia.com)


Selain itu pula dengan menjadi pionir barang gunaan lemari es dengan sertifikat halal juga sebagai pembelajaran baru bagi para karyawan dalam standar produk halal yang dipasarkan di Indonesia, karena akan ada rencana pemerintah dan MUI perihal Undang-Undang halal yang diperuntukan bagi barang gunaan salah satunya lemari es. Bukan berarti lemari es sebelumnya menggunakan bahan baku yang tidak halal, tetap sama tetapi ada sebuah peningkatan dalam pengkajian dan telah lulus uji mulai dari bahan baku sampai proses produksi dan manajemen khusus dengan kepastian halal. 

“Menyambut bulan suci ramadhan, SHARP mengumumkan jika lemari es-nya sudah memiliki sertifikasi halal, kami tergerak untuk bisa memberikan rasa aman dan nyaman dalam menggunakan produk kami. Hal ini merupakan salah satu bentuk perhatian kami kepada konsumen setia kami.  Lemari es menjadi produk yang pertama SHARP yang memiliki sertifikasi halal, ini dikarenakan karena lemari es merupakan salah satu produk elektronik yang bersentuhan langsung dengan makanan & minuman yang dikonsumsi,” tutur Andri Adi Utomo, Domestic National Sales Senior General Manager PT SHARP Electronics Indonesia. 


Melihat Proses Produksi Kulkas Halal SHARP


Dari pemaparan tadi papih sudah mulai paham apa yang diharapkan oleh SHARP untuk kenyamanan dan kepuasan konsumen terhadap produk yang digunakan. Dalam kesempatan yang sama kami diajak berkeliling dan masuk langsung dalam ruamg produksi lemari es tersebut. 

Bersama dr Reisa Asmoro Broto, Mba Gladys yang merupakan Owner Dapur Gladys, juga vlogger dan blogger meninjau langsung dan baru melihat pertama kali nih proses oembuatan kulkas halal yang selama ini ada dirumah, suatu kebangaan juga sih kulkas dirumah merknya SHARP dan digunakann untuk menyimpan ASI Babam waktu itu.  Jadi ingat agak kelimpungan sewaktu mati lampu, akhirnya papih mencari ice gel agar ASI masih tetap aman, untung saja mati lampunya tidaak lama. Sambil melihat proses produksi papih juga mengangguk-angguk saat melihat ada inovasi Ice Gel Box yang bisa digunakan dalam wakti urgent seperti mati lamou tadi dan bisa tahan kurang lebih hingga 3 jam loh, sangat membantu dan gak bikin kelimpungan lagi. 

Dari mulai bentuk lempengan hingga di susun menjadi lemari es di proses dengan sistem yang otomatis dan beberapa tahapan tentu saja dengan tenaga manusia. Ada juga robot pintar yang melintasi area dengan setting waktu tertentu dan tahu apa yang harus dikerjakan, wuih canggih robotnya. 


Video penjelasan terkait Lemari es bersertifikat halal




Dari sertifikat halal, SHARP Indonesia juga memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan kepemimpinan terbaru di bawah Tadashi Ohyama yang kini menjabat sebagai President Director PT SHARP Electronics Indonesia. Kehadiran Tadashi Ohyama akan membawa nafas dan semangat baru bagi keluarga SHARP Indonesia dalam menghadapi era digital dan sengitnya persaingan antar produsen elektronik. Selama karirnya, Tadashi Ohyama yang lahir pada 4 Maret 1970 juga menunjukan prestasi yang mengagumkan untuk kemajuan SHARP. Oleh karena itu, lulusan Business Administration dari University of Marketing & Distribution Science ini diberi kepercayaan untuk memimpin SHARP Malaysia (SEM) di tahun 2016 sebagai Presiden Direktur. Pada tahun 2017, Tadashi Ohyama diberikan kepercayaan untuk memimpin SHARP Electronics Singapore bersama – sama dengan SHARP Malaysia. 

Dedikasi dan prestasi yang terus diukir oleh Tadashi Ohyama kini membawanya untuk mengemban amanah baru di Indonesia. Sebagai orang nomor satu di SHARP Indonesia, Tadashi Ohyama telah menyiapkan beragam misi untuk membawa SHARP Indonesia ke posisi nomor satu di dunia, “Sungguh sebuah keistimewaan bagi saya untuk bisa datang kembali ke Indonesia setelah 29 tahun lamanya. Pengalaman pertama saya di negara ini pada tahun 1989 hanya berupa kunjungan dan kini saya akan menetap lebih lama lagi untuk berkontribusi dengan keluarga SHARP Indonesia. Bersama-sama, kami akan mencoba membawa lebih banyak produk terbaru yang semakin canggih serta terus mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan karakteristik konsumen di Indonesia. Kami juga akan mencoba lebih banyak mengekspor produk-produk dari Indonesia keluar negeri, karena saya melihat potensi yang begitu besar di dalamnya.”  


kulkas halal sharp
Kunjungan pabrik SHARP (foto dari IG @reisabrotoasmoro


Setelah hampir satu jam melihat proses produksi kami juga banyak bertanya terkait kulkas halal ini, karena produk yang bersentuhan dengan makanan yang di produksi di Indonesia masih terbatas pada lemari es jadi kami lebih dulu memberikan sertifikasi halal pada produk lemari es. Tidak menutup kemungkinan untuk produk penanak nasi, juicer, blender, dan yang lainnya sehingga masyarakat lebih yakin dengan produk yang digunakan. Setelah puas dan dan belanja mata dengan produk canggih dari SHARP papih jadi ingin memiliki beberapa produk yang ditampilkan, tentu saja agar kebutuhan dan proses rumah tangga bisa lebih mudah. Dengan kemudahan produk elektronik jadi bisa lebih banyak waktu yang digunakan untuk #banyakinkarya  . 

Tentu saja papih masih memiliki cita-cita yang sama seperti Oyama, gak menutup kemungkinan papi juga menjadi presiden direktur, atau inovator sebuah produk di tahun 2032. Harapan papih terus dapat bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat. Dalam perjalanan pulang papih jadi ingat masih menyimpan jus mangga yang lupa dibawa untuk bekal duh jadi sepanjang jalan kepikiran jus mangga yang ada di dalam kulkas. Buru-buru deh pas sampai rumah buka kulkas dan menikmati manisnya, segarnya jus mangga. Saat menutup kilkas juga memastikan lagi apa merknya, ehem ternyata benar merknya SHARP  masih ingat jadinya gak amnesia. 

Cukup toga saja yang papih lupakan saat wisuda, oia setelah minum jus papih kembali mengemas “alat lenong” untuk diajak jalan-jalan. Yuk yang mau ikut jalan-jalan bolehlah kita sama-sama ngelenong dulu. Oia kalau ada yang mau samaan punya kulkas SHARP juga bisa banget loh dibeli menjelang puasa nih karena bisa menyimpan jus mangga untuk berbuka. Jangan takut gak kebagian karena saat ini, SEID memiliki 25 Kantor Cabang, 3 Sub Cabang, 45 SHARP Direct Service Station (SDSS), 275 SHARP Authorized Service Station (SASS), 44 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia, 2 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS), 2 SHARP Service Corner (SSC), 2 SHARP Authorized Representative (SAR), 101 SHARP Authorized Air Conditioner (SAAC).  Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari Rekor Bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center Terbanyak di Indonesia. 


Informasi terkait juga bisa dilihat di media sosial resminya mungkin ada yang mau cari tahu harga apalagi kalau diskon, klik disini @Sharpindonesia 

1 komentar: