Kamis, 09 Agustus 2018

Darurat Polusi Udara, Indonesia Siap Menerapkan Euro 4 Tahun Ini (2018)

Indonesia Siap Menerapkan BBM Euro 4 


Dalam industri otomotif, negara Indonesia memiliki market yang baik, tetapi tentu aja hal negatif muncul ketika bahan bakar yang digunakan Memiliki pengaruh pada keburukan udara di Indonesia. Himbauan Peralihan bahan bakar Euro 2 ke Euro 4 merupakan sebuah keharusan.

Upaya ini diambil karena adanya prediksi ketika Indonesia belum beralih ke Euro 4 berdampak buruk pada kualitas udara dan di tahun 2030 akan timbul masalah kesehatan yang serius hingga mengalami kerugian mencapai puluhan triluin.


Video Mengenai Euro 4

Apa itu BBM Euro 4 ?


Emisi gas buang yang merupakan sisa hasil pembakaran  didalam mesin kendaraan, pada penerapan Euro 2 dinilai sudah tidak relevan dengan kondisi udara di Indonesia.  Emisi kendaraan bermotor itu mengandung karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (Nox), karbon monoksida (CO), dan volatile hydro carbon (VHC).

Ketika keempat partikel gas buang ini terus dikeluarkan dari kendaraan bermotor, maka akan menimbulkan efek negatif bagi lingkungan dan manusia. Terlebih ketika kadar aman udara berada melebihi amabang batas yang normal. Pada tahun 1990 Uni Eropa mulai memberlakukan aturan mengenai standar emisi Euro.

persiapan bbm euro 4 di Indonesia
Diskusi bersama FMB9


Semakin tinggi penerapan sistem euro yang digunakan diikuti dengan peningkatan kualitas BBM juga kecanggihan teknologi serta fitur mesin kendaraan yang tentu saja diharap tidak mencemari lingkungan.

Pencemaran udara menjadi masalah besar bagi warga yang intensitas pemakaian kendaraannya tinggi. Penurunan pencemaran udara sektor transportasi menuntut:


  • Adopsi Standard Emisi Kendaraan yang lebih tinggi (Standard Euro 4 atau yang lebih tinggi dengan RON minimal 91 dan kandungan sulfur 50 ppm) sesuai PP 41/1999; dan 
  • Adopsi kendaraan berbahan bakar efisien (Fuel Economy Vehicle Standard atau Low Carbon Emission Vehicle) sesuai PP 41/2013.

persiapan bbm euro 4
Kebijakan yang disampaikan oleh nara sumber


Pemberlakuan Euro 4 di Indonesia tentunya berdasarkan pada faktor memperbaiki lingkungan dan udara, sehingga ketakutan yang berdampak pada keburukan kesehatan pada masyarakat Indonesia bisa dihindari, dan pemerintah bertanggung jawab akan menjaga udara tetap dalam ambang batas yang aman, serta perlu didukung penuh oleh partisipasi masyarakat yang tertib dengan himbauan penggunaan Euro 4 ini.

Kualitas udara yang buruk tidak hanya mempengaruhi kesehatan masyarakat, tetapi juga ekosistem lingkungan yang menjadi terganggu. Mungkin sekarang belum secara langsung dampat negatif tersebut dirasakan, tetapi ketika nanti masa depan untuk anak cucu mewariskan kondisi udara di bumi yang buruk masalah akan berdampak pada banyak hal hingga kelaparan juga penderitaan.

Coba yuk di cermati kembali dalam penerapan Euro 4 ini apa manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat juga memiliki pengaruh akan peningkatan ekonomi di Indonesia, karena mengawali paragraf dalam artikel ini dijelaskan bawah industri otomotif di Indonesia merupakan salah satu industri yang besar.



Apa Manfaat BBM Euro 4 ?

  1. Memperbaiki kualitas udara di perkotaan (dengan intensitas kendaraan bermotor yang tinggi)
  2. Industri kendaraan bermotor di Indonesia siap menghadapi perdagangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan pemberlakuan ratifikasi ASEAN Mutual Recognition Agreement (MRA).
  3. Hasil dari kajian cost and benefit analysis, penerapan standar emisi Euro 4 dapat bersinergi dengan program kendaraan Low Cost Green Car dan pemakaian bahan bakar alternative.
  4. Produsen mobil di Indonesia tidak perlu lagi menyesuaikan produk untuk ekspor karena selama ini produsen memberlakukan dua standard, untuk pasar dalam negeri diproduksi dengan standard Euro 2, sedangkan untuk kendaraan yang diekspor dengan standard Euro 4.


Dalam kebijakan aturan emisi Euro 4 yaitu, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV.

Konsekuensinya, setelah September 2018 mobil bensin yang beredar di Indonesia harus memenuhi syarat emisi Euro 4. Sedangkan untuk kendaraan bermotor tipe baru dan yang sedang diproduksi berbahan bakar diesel mulai diberlakukan 10 Maret 2021.

Perlu dicermati juga mengingat dengan adanya momentum Asian Games 2018 maupun World Bank-IMF Meeting di Bali, penerapan BBM Euro 4 dipercepat mulai Agustus ini, mengingat tingkat emisi rendah menjadi syarat bagi penyelenggaraan ajang olahraga terakbar Asia ini.

indonesia siap bbm euro 4
Indonesia siap BBM Euro 4


Diketahui juga bersamaan dengan himbauan ini, Pertamina sudah siap menyediakan pasokan BBM Euro 4 sebanyak 791 SPBU di Jawa, Sumatra, Bali, Sulawesi, NTT dan Kalimantan. Ini belum termasuk pasokan dari badan usaha retail migas lainnya. Peraturan Menteri LHK ini berimplikasi perlunya persiapan pada berbagai sektor, seperti Kementerian ESDM bersama Pertamina untuk menyusun spesifikasi bahan bakar nasional yang mengacu pada standar Euro 4.

Tentunya akan banyak persiapan lebih rinci yang akan dilakukan oleh pemerintah, jadi masyarakat bisa selalu menyimak dengan informasi yang baru, agar sosialisasi yang diberikan oleh pemerintah juga tepat sasaran. Pemerintah siap, masyarakatnya juga tentunya bersiap-siap untuk mendukung program pemerintah ini yang bertujuan untuk kesejahteraan rakyat. Tetapi perlu lebih peka lagi ketika ada keganjilan atau program yang kurang berpengaruh bagi kebaikan masyarakat bisa di kritisi dengan pandangan serta argumen yang tepat.

Kalau kendaraan dirumah memang masih menggunakan sistem Euro 2, dengan adanya sistem Euro 4 dan kendaraan terbaru di Indonesia diperbaharui juga, jenis bahan bakarnya bisa digunakan untuk kendaraan dengan mesin standar Euro , supaya bukan alasan lagi untuk membeli kendaraan yang baru, atau ada baiknnya juga memancing masyarakat menggunakan transportasi publik.


Hmmm bagaimana transportasi publik apakah juga sudah ramah dan nyaman ? PR pemerintah yah masih banyak sekali, tak hanya mengrikritik juga sebagai masyarakat apakah sudah melakukan sepenuhnya dalam menjaga kebersihan, menjaga ketertiban, serta merawat fasilitas umum?.


Sumber : FMB9

1 komentar:

  1. Aku stuju nih dinaekin kualitas BBM yang dikonsumsi, tapi gatau dampak ekonominya ke masyarakat luas gimana. Serba salah sih mau jaga kebersihan udara sama dampak ekonomi, hehe. Semoga terus membaik kualitas trasnportasi publik kita dan masyarakat juga ikut jaga ya Mba :)

    BalasHapus