Kamis, 04 Oktober 2018

Menanti Kejutan Asian Para Games 2018


Asian Para games 2018 Istimewa



Bangga bukan Indonesia ditunjuk lagi menjadi tuan rumah sebuah perhelatan olahraga besar, kali ini adalah Asian Para Games 2018 yang merupakan ke 3 bila sebelumnya diselenggarakan pertama dia China 2010 dan kedua di Korea Selatan 2014.

Istimewanya kali ini terselenggara di Indonesia dan berpusat di Jakarta, kembali masih menginngat gelaran Asian Games 2018 yang sukses bertabur prestasi dan pujian kini Indonesia menunggu kejutan lain dari Asian Para Games 2018.

Asian Para Games menjadi sebuah ajang yang sangat istimewa mengingat para peserta dan atlet yang bertanding meupakan teman-teman atlet disabilitas yang juga ingin membuktikan prestasi dan mengharumkan nama bangsa. Kehangatan, dan jiwa kemanusiaan juga kesetaraan akan dihadirkan serta menjadikan ajang Asian Para Games ini merupakan inspirasi yang berkobar ke selluruh Asia bahkan Dunia.

Video Motion Graphics



Seperti yang digemakan frase kata yang menjadi magnet ajang ini yaitu “ The Inspiring Spirit and Energy of Asia” merupa sebuah kesatuan untuk memberikan semangat tidak hanya bagi para atlet  saja tetapi akan menjadi moment dan pengalaman yang berwarna bagi masyarakat Indonesia tidak terkeculai bagi teman-teman disabilitas.

Venue, lokasi, akomodasi akan diperbaharui menjadi lebih ramah bagi teman-teman disabilitas yang akan bertanding juga yang ingin menyaksikan langsung pertandingan. Bahkan Presiden Komite Paralimpik Asia, Majid Rashed, memuji persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018.

Untuk itu pemerintah juga panitia Asian Para Games 2018 (INAPGOC) akan memperhatikan hal-hal teknis dan juga detail, mengingat juga ada tipe disabilitas yang berbeda-beda. Panitia memberikan edukasi pada ribuan relawan yang sudah siap membantu para pengunjung yang menyaksikan langsung pertandingan.

Jakarta dan pemerintah telah bekerja sangat keras untuk melakukan transformasi menuju pelaksanaan Asian Para Games 2018. Jakarta berkembang cepat untuk menjadi kota yang ramah disabilitas. Persiapan lebih terperinci juga diprhatikan dari segi tiket, akan ada 4 jenis tiket yang akan ditawarkan oleh penyelenggara yang tentu akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung.


4 Jenis Tiket Berbeda

Indonesia merupakan bangsa besar yang berdaya

Tiket untuk Asian Para Games 2018 akan terbagi menjadi empat jenis, yaitu tiket opening dan closing, tiket kawasan, tiket terusan, dan tiket pertandingan final. Pertama tiket untuk opening dan closing.Tiket ini sangat komersial, Penjualan tiket jenis ini akan diberikan batasan. Jadi setiap orang hanya boleh membeli empat tiket saja untuk mengurangi adanya tindak yang tidak diinginkan atau juga meminimalisir terjadinya calo tiket.

Tiket kedua yaitu tiket kawasan, dengan harga tiket Rp. 10.000 masyarakat bisa menikmati kawasan GBK dengan berbagai zona yang ditawarkan.

Tiket ketiga adalah tiket terusan untuk menyaksikan pertandingan di venue. Tiket ini cukup unik, selain tidak ada nomor kursi, jadi  pengunjung bisa duduk di kursi kosong, jika penuuh akan diarahkan oleh voluter yang siap membantu, Jadi satu tiket itu harganya Rp75 -- Rp. 100 ribu dan bisa digunakan untuk nonton pertandingan apa saja selama satu hari penuh. Jadi setelah menyaksikan satu pertandingan, penonton bisa pindah ke venue lain menggunakan tiket tersebut.

Tiket keempat di Asian Para Games 2018 adalah tiket pertandingan final, yang tentu memiliki harga yang lebih tinggi dari tiket pertandingan lainnya.

Berapa banyak atlet dan cabang pertandingan yang akan dipertandingkan ?

Indonesia akan mengirim kurang lebih 300 atlet yang akan bersaing untuk 43 negara di seluruh Asia. Target prestasi Indonesia berada di 7 besar peringkat dengan perolehan medalinya.

Presiden, Pemenrintah, Kemenpora juga beberapa kementerian keseluruhannya mendukung semangat juang para atlet dengan berbagai tampilan persiapan menyambut Asian Para Games 2018, yang akan digelar 6 – 13 Oktober 2018. Bersamaa denganitu digelar juga rangkaian torch relay yang diselenggarakan 8 Kota juga bebrapa titik wilayah, seperti Solo, Makassar, Bali,  Medan, Pontianak, Pangkal Pinang, Bandung hingga berakhir di Jakarta.

Asian Para Games ke III akan berlangsung dari tanggal 6 sampai 13 Oktober 2018, diikuti 42 National Paralympic Committe (NPC), dengan jumlah peserta sebanyak 2.831 atlet, 1.826 official, 18 cabang olahraga, yang terdiri atas 5.888 nomor pertandingan, 19 venue atau arena.

Jumlah arena tersebar di tiga lokasi, yakni delapan di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, 10 arena di Jakarta, dan satu di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Asian Para Games ini diharapkan semeriah Asian Games karena bakal diliput 590 media, didukung dengan 2.500 kamar wisma atlet, dan 6.500 relawan. Adapun kontingen Indonesia ditargetkan meraih posisi 6 besar menyusul hasil baik sebagai juara umum dalam ASEAN Para Games 2017 di Malaysia. Sejumlah nomor pertandingan favorit adalah Atletik, Tenis Meja, Renang, Panahan serta olahraga khas paralimpik seperti Boccia, Anggar Kursi Roda, Bola Basket Kursi Roda dan Lawn Ball.

Diskusi bersama FMB9


Bonus Peraih Medali Asian Para Games 2018


Pemerintah menginformasikan agar semangat dan motivasi para atlet maksimal, bonus yang akan diberikan bagi atlet peraih medali emas, perak, perunggu, pelatih, asisten pelatih, juga semua atlet yang berlaga senilai sama dengan para atlet Asian Games 2018.

Hal ini membuktikan pemerintah juga memiliki sebuah perhatian yang besar untuk para atet disabilitas. Persiapan yang dilakukan juga lebih kepada bagian teknik dan kenyamanan bagi para atlet dan pengunjung dengan disabilitas. Ajang ini merupakan sebuah penghormatan kepada teman-teman disabilitas juga membuktikan rasa kemanusian dan kesetaraan.

Untuk menjadi atlet dengan disabilitas tidaklah mudah, tetapi para atlet disabilitas mampu mengalahkan kondisinya untuk tetap bisa menghadirkan prestasi dan semangat menggapai impian juga kemanangan yang memberikan inspirasi bagi masyarakat.

Berbagai persiapan sudah semaksimal mungkin dan telah mencapai puncaknya, untuk pembelian tiket bisa langsung menuju situs resmi Asian Para Games 2018 : www.asianparagames2018.loket.com Beberapa hal juga lansung diinformasikan melalui aplikasi digital Asian Para Games 2018, juga media sosial untuk mendukung informasi yang valid dan benar.

Dukungan dari para atlet disabilitas juga diungkapkan untuk para korban bencana di Lombok NTB, juga Donggala, Palu, Sigi Sulawesi Tengah agar mereka selalu dikuatkan dan semangat untuk membangun kembali rumah mereka yang hancur akibat bencana. Semoga pesta olahraga yang kaya akan inspirasi ini akan membuat kesadaran bagi masyarakat untuk selalu saling menghormati dan menghargai antara sesama manusia. Karena sebuah pesta olahraga adalah milik bersama jangan sampai dinodai dengan berbagai tindakan kriminal yang merusak aset bangsa..

Papih juga sudah tidak sabar menyaksikan pembukaan yang akan dibuat tak kalah meriah dari Asian Games 2018. Pembukaan diakui tidak hanya keren tetapi akan sangat keren dengan penampilan kostum tidak hanya klasik tetapi juga mewakili berbagai unsur kekayaan dan budaya di Indonesia. Selain itu didukung oleh berbagai arti yang juga sudah menyanyikan lagu Song of Victory yang menjadi Official Song Asian Para Games 2018, ada beberapa lagu unggulan juga seperti I Wanna Dance dan juga Dream High, beberpa lagu dinyanyikan berbahasa Indoensia juga bahasa Inggris.

Makna kekuatan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika akan diangkat juga dalam pembukaan kali ini, dengan 1500 penampil dengan menggunakan 500 ikat kepala khusus yang dijami penampilan ini akan menjadi sangat istimewa dan sebuah hadiah untuk teman-teman disabilitas dan masyarakat seluruh Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar